Friday 6 April 2018

Tumpahnya Minyak di Teluk Baklik Papan Mengancam Ekosistem Laut Balikpapan

Kawasan perairan di Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur yang menjadi lokasi tumpahan minyak mentah jenis solar milik Pertamina, merupkan salah satu pencemaran yang terjadi pada ekosistem laut, meski dipastikan bahwa teluk balikpapan bukanlah kawasan konservasi perairan yang dikelola oleh Pemerintah Indonesia ataupun pihak lain penangan terhadap kasus ini perlu dilakukan secara komperhensif dan melibatkan berbagai sumber daya yang ada.

Dikutip dari www.mongabay.co.id Andi Rusandi sebagai Direktur Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan menjelaskan, kasus tumpahnya minyak di perairan Kota Balikpapan itu, menjadi bencana yang harus ditangani bersama. Kejadian tersebut, bisa mengancam keberlangsungan ekosistem dan biota laut yang ada di dalam perairan tersebut.

Pict by: www.mongabay.co.id

Keterlibatan berbagai pihak dalam menangani kasus tumpahnya minyak yang terjadi sejak 31 maret 2018 tersebut sangatlah penting. Perlu ada penanganan yang serius terhadap mangrove di area teluk balik papan dan biota apa saja yang telah terdampak dari tercemarnya area teluk balikpapan.


Ikan pesut, mamalia air yang menjadi salah satu korban dampak tumpahnya minyak di teluk balikpapan. Pict by: viva.co.id



#Akun Resmi Media Sosial MAPASURI
IG: @mapalasuryarimba_
FB: Mapasuri UM Purworejo
Twitter: @mapasuri
Youtube: Mapala Surya Rimba
Blog: mapasuriumpwr.blogspot.co.id





...

No comments:

Post a Comment