Wednesday 5 October 2016

CERITA PERJALANAN: PANJAT TEBING DI TEBING SAMIGALUH

Minggu, 2 Oktober 2016. Kami mencoba melakukan pemanjatan di Tebing yang terletak di Desa Purwoharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Jarak tempuh dari Purworejo tepatnya dari Sekretariat Mapasuri UMP 1 jam perjalanan. Kami yang berjumlah 7 orang berangkat menggunakan motor melalui Pendem, Kaligesing. Karena itu jalan tercepat menuju Samigaluh. Saran untuk rekan-rekan, jika melalui jalan ini pastikan motor kalian kuat untuk menanjaki jalanan daerah Kaligesing. Karena tanjakan disana cukup tinggi.
            Kami berangkat pukul 08.30 Wib dan sampai di Tebing pukul 10.30 Wib. Kami sempat berhenti di pasar Pendem. Setelah cukup lama berhenti kami melanjutkan perjalanan menuju lokasi. 
Setelah sampai disana kami memarkirkan kendaraan di rumah warga sekitar, lalu menuju tebing dengan berjalan kaki. Tebing ini letaknya tidak terlalu jauh dari jalan aspal jadi mudah untuk di jangkau. Setelah sampai lokasi tebing, kami mulai mempersiapkan peralatan panjat yang akan dipakai. Tebing ini memiliki tinggi sekitar 10 meter dan memiliki 6 jalur pemanjatan. Masing-masing jalur juga memiliki ketinggan yang berbeda. Kami mencoba jalur ke 5 yang tidak terlalu tinggi. Jalur yang kami coba memiliki tinggi sekitar 7 meter dan terdapat 4 hanger. Kami melakukan pemanjatan secara bergantian.
             Ketika kami sedang melakukan pemanjatan hujan turun dengan derasnya, kami pun mencari tempat untuk berteduh. Tapi tidak perlu bersusah payah mencari tempat teduh karena tebing ini dikelilingi pepohonan yang cukup rimbun dan tebing ini bisa melindungi kami dari guyuran hujan.

            Setelah semua mencoba jalur ini kami berniat mencoba jalur lain, tapi jalur lain tidak bisa berteduh dari guyuran hujan. Akhirnya kami mengurungkan untuk mencoba jalur lain dan di sisi lain waktu sudah menunjukkan pukul 15.30 Wib kami pun memutuskan untuk pulang, karena kami memang tidak ada rencana untuk ngecamp disini, setelah selesai packing kami bersiap untuk pulang. Tidak lupa kami mengisi buku tamu dan mengisi kas seikhlasnya dan kami pun langsung pamit untuk pulang kembali ke Sekretariat Mapasuri. (Ucl)









#Akun media sosial resmi MAPASURI
facebook  : Mapasuri UM Purworejo
fans page : Mapasuri
twitter      : @mapasuri
instagram: @mapalasuryarimba_
email       : mapala_surya_rimba@yahoo.com
youtube   : Mapala Surya Rimba


No comments:

Post a Comment