Tuesday 26 December 2023

DIKLATSAR ANGKATAN XXV MAPALA SURYA RIMBA

 


UKM Mahasiswa Pecinta Alam Surya Rimba (Mapala Surya Rimba) Universitas Muhammadiyah Purworejo, menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar Angkatan XXV Mapala Surya Rimba. Kegiatan ini merupakan salah satu agenda rutin, yang kerap dilaksanakan oleh Mapala Surya Rimba pada setiap tahunnya, dalam rangka untuk menyambut sekaligus menyampaikan pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap anggota barunya.

Acara ini berlangsung sejak hari Rabu-Senin tanggal 20-25 Desember 2023, yang berlangsung di kawasan Pegunungan Menoreh Selatan, Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah.

Dalam pembukaan Pendidikan dan Latihan Dasar Angkatan XXV Mapala Surya Rimba Ketua Umum Mapala Surya Rimba yaitu Sofi Prasetyo Aji dan Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo yaitu Dr. Teguh Wibowo, M.Pd. turut hadir untuk menyaksikan dan memberikan dukungan secara langsung kepada seluruh peserta dan panitia Pendidikan dan Latihan Dasar Angkatan XXV Mapala Surya Rimba.

Dalam sambutanya, Sofi Prasetyo Aji, menyampaikan pesannya, agar peserta Pendidikan dan Latihan Dasar Angkatan XXV Mapala Surya Rimba tetap semangat dan jaga kesehatan dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut.

“Saya berharap peserta Pendidikan dan Latihan Dasar Angkatan XXV Mapala Surya Rimba tetap semangat dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Karena kegiatan ini di alam tetap jaga kesehatan dan saling membantu satu dengan yang lain.” Ujar Sofi Prasetyo Aji

          Dalam sambutannya, Dr. Teguh Wibowo, M.Pd. selaku selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo, menyampaikan pesannya, agar setiap peserta Pendidikan dan Latihan Dasar Angkatan XXV Mapala Surya Rimba, dapat dengan baik untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar semaksimal mungkin.

"Jadikanlah Pendidikan dan Latihan Dasar Angkatan XXV Mapala Surya sebagai ajang untuk belajar dengan maksimal. Saya berharap semua dapat memberikan yang terbaik bagi UKM Mapala Surya Rimba dan kampus kedepannya. Selain itu, melalui kegiatan ini, saya berharap dapat menjadikannya sebagai moment untuk semakin meningkatkan rasa kekeluargaan antar sesama anggota, dan mampu menjaga dan melestarikan alam" ujar Dr. Teguh Wibowo, M.Pd.

Mengakhiri sambutannya, Dr. Teguh Wibowo, M.Pd. menyampaikan, bahwa setiap peserta maupun panitia pelaksanaan atas kegiatan ini, untuk senantiasa menjalankan tugasnya dengan baik, selama menjadi anggota UKM Mapala Surya Rimba.

"Saya berharap dapat maksimal menjalani setiap tugas selama menjadi anggota UKM Mapala Surya Rimba. Dengan terlibat aktif, maka akan menjadi nilai plus bagi kalian dalam kegiatan non akademik. Namun, ingat jangan lupa untuk tetap menjadikan aktivitas akademik dan perkuliahan di kampus menjadi prioritas. Kalian harus mampu melakukan manajemen waktu yang baik, agar kegiatan akademik dan non akademik Anda menjadi balance. Keduanya menjadi hal yang penting untuk selama berkuliah" ucap Dr. Teguh Wibowo, M.Pd. saat mengakhiri sambutannya.

          Ketua panitia Putri Amelia mengatakan bahwa peserta dalam mengikuti seluruh rangkaian  kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar Angkatan XXV Mapala Surya Rimba sangat antusias dan sehat semua.

“Peserta Pendidikan dan Latihan Dasar Angkatan XXV Mapala Surya Rimba sangat antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini, dimana hari pertama ada pembukaan kegiatan, materi keorganisasian, materi keagamaan, dan manajemen perjalanan. Hari kedua materi Rimba Gunung dimana peserta diajarkan tentang Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Survival, dan Ilmu Medan Peta dan Kompas (IMPK). Hari Ketiga aplikasi Rock Climbing yaitu Rappeling di Tebing Goa Seplawan dan aplikasi Caving yaitu susur Goa Seplawan. Hari keempat dan kelima yaitu aplikasi Rimba Gunung yaitu peserta diajarkan survival untuk bertahan hidup di alam. Hari keenam yaitu pelantikan Anggota Muda Angkatan XXV Mapala Surya Rimba dan sarasehan. Alhamdulillah peserta pulang dengan selamat.” Ujar tegas Putri Amelia

No comments:

Post a Comment